RESENSI

  • 3. MATERI RESENSI Pengertian Resensi Karya Sastra Resensi karya sastra adalah kegiatan mengulas sebuah karya sastra prosa (baik novel, cerpen maupun roman) dengan melakukan kegiatan memberi arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik karya sastra prosa tersebut. MENU UTAMA
  • 4. Judul resensi harus menggambarkan isi resensi. Penulisan judul r esensi harus jelas, singkat, dan tidak menimbulkan kesalahan pen afsiran. Judul resensi juga harus menarik sehingga menimbulkan minat membaca bagi calon pembaca. Sebab awal keinginan memb aca seseorang didahului dengan melihat judul tulisan. Jika juduln ya menarik maka orang akan membaca tulisannya. Sebaliknya, jik a judul tidak menarik maka tidak akan dibaca. Namun perlu diing at bahwa judul yang menarik pun harus sesuai dengan isinya. Arti nya, jangan sampai hanya menulis judulnya saja yang menarik, se dangkan isi tulisannya tidak sesuai, maka tentu saja hal ini akan mengecewakan Struktur dan Isi Resensi Karya Sastra Judul pembaca. MENU UTAMA
  • 5. Secara umum ada dua cara penulisan data buku yang biasa ditemu kan dalam penulisan resensi di media cetak antara lain: a. Judul buku, pengarang (editor, penyunting, penerjemah, atau kata pengantar), penerbit, tahun terbit, tebal buku, dan harga buku. b. Pengarang (editor, penyunting, penerjemah, atau kata pengantar, penerbit, tahun terbit, tebal buku, dan hargabuku. Struktur dan Isi Resensi Karya Sastra Data Buku MENU UTAMA
  • 6. Bagian pendahuluan dapat dimulai dengan memaparkan tentang pengarang buku, seperti namanya, atau prestasinya. Ada juga res ensi novel yang pada bagian pendahuluan ini memperkenalkan s ecara garis besar apa isi buku novel tersebut. Dapat pula diberika n berupa sinopsis novel tersebut. Struktur dan Isi Resensi Karya Sastra Pendahuluan MENU UTAMA
  • 7. Pada bagian tubuh resensi ini penulis resensi (peresensi) boleh m engawali dengan sinopsis novel. Biasanya yang dikemukakan pok ok isi novel secara ringkas. Tujuan penulisan sinopsis pada bagia n ini adalah untuk memberi gambaran secara global tentang apa yang ingin disampaikan dalam tubuh resensi. Jika sinopsisnya tel ah diperkenalkan peresensi selanjutnya mengemukakan kelebiha n dan kekurangan isi novel tersebut ditinjau dari berbagai sudut pandang—tergantung kepada kepekaan peresensi Struktur dan Isi Resensi Karya Sastra Tubuh Resensi MENU UTAMA
  • 8. Bagian akhir resensi biasanya diakhiri dengan sasaran yang dituj u oleh buku itu. Kemudian diberikan penjelasan juga apakah me mang buku itu cocok dibaca oleh sasaran yang ingin dituju oleh p engarang atau tidak. Berikan pula alasan-alasan yang logis. Struktur dan Isi Resensi Karya Sastra Penutup MENU UTAMA
  • 9. Prinsip-prinsip Penulisan Resensi • Istilah resensi berasal dari bahasa Belanda, Resentie, yang berarti kup asan atau pembahasan. Jadi, resensi adalah kupasan atau pembahas an tentang buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan melalui me dia massa seprti surat kabar atau majalah. Pada Kamus Sinonim Baha sa Indonesia disebutkan bahwa resensi adalah pertimbangan, pembic araan, atau ulasan buku. Tujuan resensi adalah memberi informasi ke pada masyarakat akan kehadiran suatu buku, apakah ada hal yang ba ru dan penting atau hanya sekedar mengubah buku yang sudah ada. Kelebihan dan kekurangan buku adalah objek resensi, tetapi pengung kapannya haruslah merupakan penilaian objektif dan bukan menurut s elera pribadi si pembuat resensi. Umumnya, di akhir ringkasan terdapa t nilai-nilai yang dapat diambil hikmahnya. Pembuat resensi disebut re sensator. Sebelum membuat resensi, resensator harus membaca buk u itu terlebih dahulu. Sebaiknya, resensator memiliki pengetahuan yan g memadai, terutama yang berhubungan dengan isi buku yang akan di resensi. MENU UTAMA
  • 10. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis rese nsi • Ada data buku, meliputi nama pengarang, penerbit, tahun t erbit, dan tebal buku. • Pendahuluannya berisi perbandingan dengan karya sebelu mnya, biografi pengarang, atau hal yang berhubungan den gan tema atau isi. • Ada ulasan singkat terhadap karya sastra tersebut. • Harus bermanfaat dan kepada siapa manfaat tersebut dituj ukan. MENU UTAMA
  • 11. Komponen dalam penulisan resensi novel • Tema Tema apakah yang diungkap dalam novel? Apakah tema y ang diungkapkan itu menarik pembaca secara umum? Ap akah tema sudah sering diungkapkan dalam seri cerita lai n yang dibuatnya? Apakah dapat diterima sebagai kebena ran yang umum? • Alur Cerita Bagaimana peristiwa-peristiwa diatur dalam cerita? Apa ke unikan susunan peristiwa yang digunakan pengarang? Ap akah ada pembaharuan susunan peristiwa dalam cerita itu ? MENU UTAMA
  • 12. • Penokohan Bagaimana pengarang member (menciptakan) wa tak atau karakter pada tokoh-tokohnya? Bagaima na sifat tokoh tersebut? Adakah keunikan dalam menciptakan watak tokoh? • Sudut Pandang Sudut pandang apa yang digunakan oleh pengara ng dalam menyampaikan cerita? Adakah keunika n dalam penggunaan sudut pandang? MENU UTAMA
  • 13. • Latar Cerita Bagaimana latar cerita digunakan? Apakah latar ceritan ya cocok dengan peristiwa? • Nilai-nilai Nilai-nilai apakah yang dapat diambil pembaca dari ceri ta? Adakah nilai-nilai baru yang dikembangkan? • Bahasa dan Gaya Cerita Bagaimana bahasa yang digunakan pengarang? Apak ah cerita disampaikan dengan cara humor, serius, ata u sinisme? • Pengarang • Siapa pengarang cerita itu? Bagaimana latar belakang kehidupannya? MENU UTAMA
  • 14. Prosedur Penulisan Resensi Karya Sastra • Melakukan penjajakan atau pengenalan karya sa stra yang diresensi • Membaca karya sastra yang akan diresensi seca ra menyeluruh • Menandai bagian-bagian yang dianggap penting • Membuat sinopsis atau intisari karya sastra • Menentukan sikap atau penilaian • Mengoreksi dan merevisi hasil resensi MENU UTAMA
  • 15. Penggunaan bahasa dalam resensi karya sastra • Bagaimana bahasa yang digunakan ketika kita hendak m eresensi sebuah karya sastra? Dalam hal ini kita harus m enggunakan bahasa resensi, umumnya singkat, padat da n tegas. Pemilihan karakter bahasa disesuaikan dengan k arakter Koran atau majalah yang akan memuat resensi da n karkter pembaca yang menjadi sasarannya. Pemilihan k arakter bahasa sangat erat hubungannya dengan penyaji an tulisan. MENU UTAMA
  • 16. ATURAN MAIN DALAM BERKELO MPOK Kartu Nilai/Point Card (PC) Tiap kelompok berlomba-lomba untuk mendapatkan PC setelah melaksanakan suatu perintah. Kelompok tercepat pertama segera mendaptkan PC Kelompok tercepat kedua segera mendapatkan PC .... Bagaimana? Paham …??? Mantap ! Kelompok tercepat ketiga segera mendapatkan PC .... ,dst… NU UTAMA
  • 17. BERSIAP-SIAPLAH 1) Bentuklah kelompok diskusi. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang, berdasark an nomor urut! Siap…? Ya, sekarang! Ya, sekarang! 2) Daftarlah nama kelompokmu pada lembaran yang telah disediakan guru! Dengan segera memilih ketua kelompok (leader), pengatur waktu (time keeper), dan tim evaluasi (evaluator) Siap…? Ya, sekarang! 2) Aturlah tempat duduk masing-masing kelompok berdasarkan bagan diskusi yang telah disediakan! Siap…?

0 komentar:

Posting Komentar